Kamis, 06 Oktober 2011

INI PENGALAMANKU TENTANG KREATIVITAS ,KALO KAMU??


Hari ini bu dina nanya kepada saya tentang bagaimana kreativitas dan apa yang saya dapat dari kelas kreativitas. Sebelumnya bu dina nanya tentang kreativitas dan bagaimana kreativitas , dan apa yang saya dapat dari kreativitas, seberapa besar kreativitas saya , dan harapan saya terhadap kreativitas.
Dari berbagai pertanyaan dari bu dina saya dapat menyimpulkan bahwa kelas kreativitas ini asyik, dan dapat menambah kreativitas saya . Sebelumnya saya ragu untuk masuk kelas kreativitas karena saya kira kelas kreativitas ini banyak belajar dengan gambar , sepertinya layaknya anak TK. Tapi saya salah ternyata kelas kreativitas ini sangat asyik dan dapat belajar dari BU DINA untuk dapat mengetahui sejauh mana kreativitas yang saya miliki . Selain itu , bu Dina nanya ke saya tentang berapa persen kreativitas saya . Dan saya pun menjawab 10 % karena sebetulnya sifat kreatif yang ada pada diri saya hanya sedikit . Ternyata saya bisa mengetahui sejauh mana kreativitas saya dengan cara menggali dan belajar dari lingkungan. Belajar itu tidak hanya dari rumah ( keluarga) tetapi dari lingkungan dan berbagai pengetahuan dapat menambah dan menggali seberapa kreativitas kah saya.
Selain itu harapan saya terhadap kreativitas saya yaitu : saya ingin membuat sekolah untuk anak – anak yang kurang mampu dan untuk anak – anak TK . Dimana , saya akan berperan sebagai pemilik dan sebagai pengajar untuk dapat memberikan materi dan menggali kreativitas anak didik saya nanti .selain itu tujuan saya terhadap anak didik saya , saya ingin memperkenalkan kreativitas dan bagaimana kreatifitas itu sebenarnya . Harapan saya begitu besar untuk dapat membuat sekolah karena saya ingin anak – anak dimasa depan nanti dapat menciptakan hal – hal yang berguna dan bermanfaat untuk orang banyak. Saya ingin anak – anak didik saya tidak hanya belajar dari sekolah tetapi saya ingin belajar juga dari lingkungan , dan apa yang mereka lihat dan mereka dengar dari orang tua atau orang lain.
Menurut Teori jung , dimana Jung percaya bahwa ketidaksadaran memainkan peranan yang amat penting dalam kreativitas tingkat tinggi. Disamping itu , ingatan kabur dari pengalaman tersimpan. Nah begitu juga dengan manusia dimana manusia dapat memainkan kreatifitasnya berdasarkan pengalaman – pengalaman baik yang dilihat secra langsung ataupun dari apa yang didengar. Penelitihan dari Dacey yaitu pengakuan dan penguatan pada usia dini , orang tua diminta untuk menyatakan usia berapa mereka pertama kali menduga bahwa anak mereka memiliki kemampuan yang luar biasa dan apa yang membuat mereka berfikir .Biasanya mereka memberikan banyak kesempatan seperti ( les, peralatan , kontak , situasi ) yang dapat menggembangkan kreatifitas anak . Kebanyakan anak – anak mengatakan bahwa mereka merasakan mendapat dorongan kuat dari orang tua mereka .
selain itu , Faktor Genetis Versus Lingkungan , Dimana dalam penelitihan Dacey telah dipilih salah seorang orang tua dinilai sangat kreatif , lebih dari separo anak mereka juga diatas rata – rata dalam kreativitas. Pada keluarga yang dipilih karena sekolah menunjuk anak remajanya sebagai sangat kreatif , hanya sepertiga dari orang tua diatas rata – rata dalam prestasi kreatif . Meskipun hasil ini belum tuntas memecahkan masalah “nature vs nurture”. Namun jelas menunjukkan peranan faktor lingkungan seperti cara asuhan orang tua dan iklim keluarga. Selain itu orang tua pun harus memberikan contoh yang baik kepada anak , karena orang tua adalah model bagi si anak . Mengajari anak tentang kreativitas tidak hanya didapat dari lingkungan tetapi dari guru pun dapat di peroleh .
Menurut Wellborn ( 1987 ) guru dapat mengalami kesulitan filsofis dengan upaya penggembangan kreativitas didalam kelas. Seperti Fleksibilitas dan orisinalitas nyata bahwa guru anak berbakat perlu memiliki kreativitas agar dapat memberi tantangan dalam mengajar anak berbakat , serta dapat pula menggembangkan kreativitas siswa.
Untuk itu guru pun dapat mengajarkan kepada anak didiknya untuk dapat mengetahui bagaimana kreativitas , dan bagaimana peran kreativitas itu .
kelas kreativitas itu asyik loh... kita belajar banyak tentang kreativitas dan mengetahui seberapa besar kreativitas yang dimilki. Untuk itu ikitin dech kelas kreativitas.. ASYIKK LOH... JJ

2 komentar:

  1. Tika, review-mu cukup baik. Teori yang kamu ambil juga sudah baik. Hanya saja saya masih kurang melihat proses analisismu. Akan lebih baik jika disempurnakan;)

    bagaimana?

    BalasHapus