Kamis, 17 November 2011

BLAK - Blakan Aja yEHH !!!


BLAK – BLAKAN AJA YA!!!

Hari ini kuliah Kreativitas setelah MID , hari yang cukup menyenangkan , kesal , dan lucu . hari ini untungnya bukan kelompok kami yang maju tetapi kelompok dari Yoseva , Karin , Christin , dan Ellienza . Mereka menampielkan performa pertama mereka tentang “cerewetbell “ begitulah kurang dan lebihnya . Saat mereka menampilkan performanya saya tertawa terbahak – bahak akibat ulah karin , dimana karin sebagai cewek batak yang medok dengan bahasa batak tobanya. Saya merasa lucu akibat ulah mereka , mereka menamakan tim mereka dengan “ cerewetbell” . mereka pun bergaya layaknya grup girl band “ cerry bell”.
Aksi performa mereka sangat lucu dengain bahasa batak yang sangat kental / khas . Walaupun yang datang pada mata kuliah ini sangat sedikit tapi kami terhibur. Selanjutnya setelah performa kelompok kami kedatangn kakak – kakak yang sedang mengikuti program studi S2 yang mengambil “ profesi pendidikan “ . memang sih dengan kakak itu saya merasa sangat kesal karena dipikirkan saya kakak tersebut bakalan ngasih “ Tes Quesioner”yang wajib diisi oleh mahasiswa. Ternyata bukan ngisi Quisoner tetapi melainkan mengajarkan, Bu Dina pun ikut menampingi kakak S2 tersebut . Dimana Bu Dina tidak ada ngomong apa maksud dari kedatangan kakak – kakak S2. Kakak tersebut membuka mata kuliah kreativitas dengan sebuah perkenalan , dilanjutkan dengan mengajak kami berdii semua sambil mengangkat tangan dan berteriak sekuat mungkin. Tetapi ajakan kakak tersebut kurang berhasil karena kami agak kurang semangat .
Setelah itu kakak – kakak tersebu memberikan kami kertas origami dimana kami memilih warna kertas origami secara acak . Selanjutnya setelah mendapat warna kertas origami masing – masing kami pun duduk sesuai dengan warna kertas origami yang kami ambil secara acak . Kemudian saya pun mendapat warna orange dimana warna orange tersebut adalah warna kesukaan saya .kakak tersebut memberika intruksi dengan kertas origami tersebut , setelah itu dibagi – bagi tugasnya masing- masing . Setiap kelompok mendapatkan kertas origami dimana kakak tersebut menyuruh kami membuat gambar atau apa pun secara kreatif sesuai dengan kemauan kita . setelah itu kakak – kakak tersebut membaginya dapat setiap tokoh yang ad dibuku , waktu yang dipelukan hanya 15 menit . Ahirnya saya dan kelompok membuat / mengubah kertas origami tersebut menjadi gambar / karya” Burung “yang befungsi untuk anak – anak . selanjutnya untuk kertas origami yang kedua kami membuat gambar “ Love”. Apa yang kami buat secara kreatif harus berdasarkan teori yang ada di buku “ Kreativitas “ yaitu tentang “ Taksnomi Bloom untuk sasaran Ranah Kognitif “ dan “ Model Multiple Talents dari Taylor “.
Setelah waktu berjalan selama 15 menit kami disuruh maju kedepan untuk memperagakan hasil karya kami dengan mengaitkan teori yang ada . Akhirnya kelompok kami yang disuruh maju yaitu kelompok orange, kami pun mempresntasikan hasil karya kami dengan menjelasklaskan gambar "burung “ dimana kami menggunaka teori dari “Taksonomi Bloom” yang “Sintesis “. Dari Sintesis tersebut jelas bahwa mengemabangkan , merancang , dan menciptakan merupakan suatu hal yang dapat membuat orang menjadi kreatif . Selanjutnya Gambar “Love” dari teori Taylor dimana kami memakai “ kreatif dan produktif” gambar love tersebut mempunyai banyak fungsi yang dapat digunakan untuk hal – hal yang unik .Setelah kelompok kami yang maju selanjutnya oleh kelompok – kelompok lain , Hasil dari kelompok lain pun cukup bagus dengan ide- ide yang sangat bagus.
Setelah semua kelompok lain yang maju dan presentasi hasil kreatif kelompok pun selesai , dan saatnya dinilai oleh kakak – kakas S2 . dan kakak tersebut mengkritik bahwa anak kelas kreatif itu tidak kreatif . Disitu saya merasa sok dengan omongan – omongan kakak – kakak tersebut . baru kali ini seorang senior yang masih mengikuti kuliah memarah – marahi kami . kalau saya boleh bilang tadi semuag  hal / barang apa pun yang dibuat itu merupakan hasil yang dibuat individu sesuai dengan tingkat kreatifnya . Tidak etis donk seorang kakak – kakak memarahi kami karena kami kurang kreatif “ kreatif itu semua ada pada manusia” tetapi kreatif yang dimiliki manusia itu berbeda – beda.  Ingin rasanay marah tetapi setelah itu kami diajak bermain dibagi menjadi 2 kelompok , kami pun disuruh untuk mengambil karet dengan menggunakan pipet dari mulut ke mulut . Akhirnya kelompok kami kalah setelah itu kami disuruh duduk masing – masing dibangku . Dan ternyata kakak tersebut mengerjai kami agar kami , tetapi saya tetap masih kesal dengan omongan kakak – kakak tadi samapai sekarang pun saya kesal. Ya ini lah pelajaran yang saya dapat hari ini ada bahagia dan ada kekesalan . Tetapi tidak apa itu merupakan suatu pembelajaran yang kami dapat pada mata kuliah “ Kreativitas “.
Semoga saya mata kuliah kreativitas ini dapat memberikan saya suatu pembelajaran yang berguna bagi penggembangan kreativitas saya .
Terima kasih kakak – kakak S2 dan Bu Dina , Thanks to Hadiah “ Permennya”
Heheheeh ..hehhehehe......

3 komentar:

  1. Tika, kesannya kog masih flat...
    kurang greget nih testimoninya :)

    mmm tata tulisnya agak berantakan ya...:(

    BalasHapus
  2. hehhe ya bu.. msh bisa di revisi gak bu?
    hhehehh,,maafff ya bu..

    BalasHapus
  3. boleh aja...
    dimana ada usaha, insyaALLAH selalu ada respon :)
    take care

    BalasHapus