Rabu, 23 November 2011

JURNAL NASIONAL DAN INTERNASIONAL

JURNAL NASIONAL


MATEMATIKA UNTUK SISWA BERBAKAT AKADEMIK

Dari jurnal yang saya ambil tentang " Matematika untuk siswa berbakat akademik" merupakan suatu jurnal pendidikan yang membahas secara lebih mendalam, hak dari setiap pengajar dan pendidik . Dimana terdapat beberapa pelayanan khusus untuk siswa berbakat diantaranay potensi ,kecerdasan , minat dan potensi yang harus dikembangkan . Untuk itu penting bagi seorang siswa berbakat mendapatkan haknya untuk menggembangkan kemampuan yang ia miliki. Menurut Sisk ( 1987 ) "Menekankan bahwa hanya sedikit mata pelajaran yang diajarkan dengan cara yang begitu kaku berdasarkan buku teks , tanpa imajinasi , terutama pada tingkat sekolah dasar seperti matembatika . Padahal matematika begitu penting bagi siswa berbakat dalam abad otomatisasi dan teknologi ini".

untuk itu Pemecahan masalah memiliki karakter yang memberikan fasilitas pada guru maupun siswa untuk melakukan proses berpikir multi dimensi, seperti berpikir menganalisis, mengidentifikasi, mengklasifikasi, menyintesa, mengevaluasi, membuat alternative, menarik kesimpulan. 

anak - anak yang berbakat harus mampu dikembangkan secara lebih luas agar kemampuan yang ia miliki dapat menjadi suatu metode yang dapat membuat anak - anak tersebut dalam berkreativitas untuk dirinya dan orang lain . Disini lah seorang guru harus mampu bertindak dan memberikan arahan- arahan agar dapat dikembangkan sesuai dengan apa ynag dimiliki anak tersebut .

 mengenal adanya masalah yaitu menyadari memiliki suatu kesulitan dan keingintahuan. , mengidenti-fikasi masalah yaitu melakukan klarifikasi, definisi, sampai perumusan sasaran yang hendak dicapai.  Memanfaatkan pengalaman-pengalaman sebelumnya yaitu menggunakan penyelesaian, gagasan, terdahulu yang diangap relevan untuk merumuskan hipotesis dan proposisi pemecahan masalah.  Menguji hipotesis atau kemungkinan penyelesaian secara berurutan. , Mengevaluasi penyelesaian dan menarik kesimpulan. Disamping itu Polya (1945) mengenalkan metode heuristiknya sebagai berikut. Pertama, pahami masalah. Kedua, rumuskan rencana penyelesaian masalah. Ketiga, jalan-kan rencana itu. Keempat, tinjau kembali dengan cara mengkaji hasil yang didapat. 

Dengan adanya metode ini kemampuan anak berbakat dapat berkembang dan menjadi suatu metode yang dapat digunakan untuk para siswa lainnya. Greenes mengemukakan 6 karekteristik siswa berbakat matematika yaitu :

- fleksibilitas dalam mengolah data

- Kemampuan luar biasa untuk menyusun data

- Ketangkasan mental

- penaksiran yang orisinal

- kemampuan luar biasa untuk mengalihkan gagasan

- kemampuan yang luar biasa untuk generailisasi

Greenes juga mengatakan bahwa siswa berbakat matematika lebih menyukai komunikasi lisan dari pada tulisan . Selanjutnya guru sebagai Fasilitator Matematika , Pada saat ini guru sering frustasi ketika banyak para siswa yang berkomentar mengenai bahan ajar dan materi yang diberikan, Untuk itu Borenson mengusulkan bahwa guru sebagai fasilitator matematika mengelompokkan siswa sehingga dapat berbagi ide menerima jawaban semua siswa , dan menumbuhkan iklim bagi semuanya untuk didengarkan .Guru pun harus mampu memupuk kreativitas siswa.

sumber : http://jurnal.upi.edu/182/view/179/matematika-untuk-siswa-berbakat-akademik.html


JURNAL INTERNASIONALg dapt

English Linguistic

Saat ini bisa dibilang bahasa inggris merupakan bahasa yang umum dan merupkan bahasa yang dipkai hampir diseluruh negara dan menjadi bahasa yang wajib dan tidak asing dan sangat mudah untuk dipelajari .Seliain itu bahasa inggris telah mengalami perubahan sangat dahsyat . Untuk itu diharapkan bagi para sarjana - sarjana untuk dapat menyempurnakan kembali tata bahasa yang baik. Karena bahasa Inggris ini sangat banyak diminati terutama di negara - negara berkembang .

Untuk itu perlu adanya tata bahasa yang benar dalam berbahasa Inggris .Dengan adanya bahasa inggris siswa yang memiliki bakat bahasa inggris harus mampu mempunyai ingatan yang luar biasa , belajar bahasa sendiri pada usia dini , mempunyai pembedaharan kata . Siswa yang berbakat ini harus memiliki guru yang dapat dijadikan fasilitator guna untuk menggembangkan kemampuan bahasanya . Untuk itu bahsa Inggris dizaman sekarang ini sangat dibutuhkan karena memiliki banyak pemdeharan kata . Untuk itu anak usia dini harus dibimbing untuk dapat berbahasa dan mengucapkan kata - kata yang bagus bagi perkembangan bahasanya .

 

Sumber : http://www.proquest.com/assets/downloads/catalogs/collections/education_catalog.pdf 

1 komentar:

  1. Tika...
    tata tulisnya dong, ayo lebih teliti ya...
    lalu link addressnya mengapa tidak diaktifkan?
    dan perbandingannya dimana?

    BalasHapus