Kamis, 12 Januari 2012

"UJIAN AKHIR SEMESTER 2011 / 2012"

7 komentar:

  1. Coba jelaskan dengan singkat dan padat berkaitan dengan creativogenic. Selanjutnya buat ulasan dan uraian sehubungan dengan hal tersebut dikaitkan dengan lingkungan F. Psikologi USU (yang anda ketahui)

    BalasHapus
  2. Menurut saya CREATIVOGENIC merupakan sebuah kebudayaan yang menumpuk dan dapat mengembangkan kreativitas dalam masyarakat, sehingga kebudayan yang ada pada masyarakat tidak hilang akibat perubahan zaman. Karena pada saat ini kebudayaan yang ada di Indonesia mulai memudar karena masuknya kebudayaan barat.

    Saat ini kebudayaan yang ada dilingkungan kampus sulit untuk dikembangkan karena adanya pengaruh budaya asing yang saat ini semakin canggih dan semakin maju. sehingga diperlukannya kreativitas - kreativitas yang dimilki oleh generasi muda agar tidak hilang.


    Menurut saya , kebudayaan yang ada di lingkungan psikologi USU sangat beragam dan banyak dikarenakan berkumpulnya kebudayaan dari berbagai daerah asal mahasiswa. Semakin banyaknya kebudayaan yang dimilki oleh mahasiswa psikologi USU membuat semakin menumpuknya ladang kreativitas namun sulit untuk dikembangkan karena kurangnya perhatian dari pihak - pihak lain . Selain itu minimnya ketersedian alat dan bahan membuat sulit untuk mengembangkannya. Selanjutnya diperlukan keterbukaan budaya bagi semua lapisan masyarakat maupun lingkungan kampus.

    contohnya kebudayaan batak , untuk menggembangkan kebudayaan batak dilingkungan kampus harus adanya perhatian dari pihak kampus sehingga perkembangan kebudayaannya tetap berlangsung , selain itu mengembangkan kebudayaan yang berada di lingkungan kampus harus memikirkan pengaruhnya untuk masa sekarang dan untuk masa mendatang agar kreativitas kebudayaannya tepat sasarannya . Selain itu diperlukan juga berbagai sarana yang dapat digunakan untuk pengembangannya.

    Selanjutnya adanya toleransi terhadap pandangan yang berbeda sehingga tidaka adanya permusuhan.Lingkungan pendidikan cukup besar pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir anak didik untuk menghasilkan produk kreativitas,yaitu berasal dari pendidik.Sehingga dengan munculnya kreativitas kebudayan dapat membuat mahasiswa menjadi pribadi kreatif untuk menggembangkan kebudayaan yanga ada di lingkungan kampus sehingga kebudayaan yang beraneka ragam tidak akan hilang begitu saja . Kreativitas yang dimiliki mahasiswa dapat juga membuat suatu kebudayaan yang lama menjadi sebuah kebudayaan yang terkenal dan diminati oleh negara lain .

    Kebudayaan yang menumpuk dapat dikembangkan oleh masyarakat dengan berbagai cara yang kreatif. sehingga kebudayaan tersebut menjadi terangkat dan dapat dikembangkan sebagai kebudayaan yang unik dan memilki nilai sejarah yang tinggi .

    sealin itu para pihak - pihak yang terkait di lingkungan kampus Psikologi dapat menjaga serta memberikan arahan kepada mahasiswa - mahasiswi agr kebudayaan yang mereka milki dapat dikembnagkan baik dilingkungan kampus maupun dilingkungan masyarakat .

    BalasHapus
  3. 2. Sekarang, anggaplah anda adalah pendidik (silahkan pilih tingkat TK, SD, SMP, SMA atau Perguruan Tinggi). Jika siswa/mahasiswa anda berjumlah 20 orang, apa yang akan anda lakukan? (minimal menggunakan 2 landasan teori).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika saya menjadi pendidik saya akan memilih untuk menjadi pendidik anak TK . karena menurut saya anak TK merupakan anak yang masih labil sehingga dibutuhkan bimbingan untuk meningkatkan kreativitasnya dan tingkat kemandirian . jika anak TK yang saya didik berjumlah 20 orang saya akan membuat grup / kelompok kecil yang terdiri dari 5 orang dalam kelompok . Saya akan memberikan kertas serta crayon yang masing – masing anak diberikan kebebasan untuk menggunakan serta memanfaatkan kertas dan crayon tersebut . sehingga mereka dapat menggembangkan kreativitasnya sesuai dengan tingkat kreatif yang mereka milki.


      Selain itu saya juga akan membaut lingkungan kelas yang menarik agar anak – anak TK tersebut merasa nyaman dengan keadaan kelas mereak . Menurut Walter Doyle ( 1986 ) menyatakan bahwa Karena kelas merupakan setting untuk banyak aktivitas , mulai dari aktivitas akademik seperti membaca , menulis , dan matematika , sampai aktivitas sosial , seperti bermain , berkomunikasi denagn teman , dan berdebat . Hal ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan serta mengasah kemampuan yang dimilki anak- anak agar dapat dikembangkan untuk dirinya maupun untuk lingkungannya .


      Selanjutnya saya akan membuat kelompok khusus anak laki – laki agar mereka dapat melatih diri mereka untuk bisa menjadi pemimpin baik anatar kelompok amupun antar pribadi . sehingga mereka dapat menjadi anak yang mandiri . Emer , Everston & andreson 1998 menyatakan bahwa selain membuat aturan –aturan dan prosuder yang efektif manajer kelas yang efektif juga menunjukkan perhatian pada murid . sehingga hal ini lah yang dapat menyebabkan kenyaman bagi anak – anak .


      Mengajak anak – anak TK untuk berbagi dan menggembangkan rasa
      tanggung jawab untuk tugas yang diberikan serta tanggung jawab terhadap diri mereka sendiri . Enggleton , 2001 , lewis 2001 , Risley & walther 1995 menyatakan bahwa manajemen kelas merupakan suatu hal tanggung jawab murid untuk membuat keputusan kelas akan meningkatkan komitmen atau kepatuhan murid terhadap keputusan .


      Sebagai pendidik haruslah bersikap adil terhadap murid A dan murid B agar tidak terjadi kecemburuan antar anak – anak . Berikan lah sebuah hadiah untuk anak – anak yang dapat menjawab soal – soal kecil agar anak – anak tersebut menjadi peduli terhadap pendidikan . Selain itu saya akan membuat sebuah perkumpulan anatara orang tua untuk membicarakan kemampuan anak-anak agar orang tau dapat memberikan pengetahuan selain di sekolah .


      Selanjutnya saya akaan membuat anak – anak TK tersebut dapat tampil dihadapan publik baik dari segi pembicara , penyanyi ataupun kreativitas lainnya agar anak – anak tersebut menjadi pemberani . Jacob Kounin 1970 mengatkan bahwa guru yang efektif berbeda dengan guru yang tidak efektif bukan dalam cara mereka merespon perilaku menyipang murid , tetapi berbeda dalam cara mengolah aktivitas kelompok secara kompeten.

      Hapus
  4. 3. Coba jelaskan dengan singkat dan padat berkaitan dengan model belajar mengajar yang kreatif. Kemudian buat ulasan untuk kelompok performa anda, berkaitan dengan model manakah yang paling sesuai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. model belajar yang terdapat pada buku sangat banyak. salah satunya adalah model belajar multiple talents dari taylor yaitu merupakan suatu hasil penelitian dan karya dalam bidang kreativitas yang dilakukan oleh calvin taylor dari University of Utah . Ia berpendapat bahwa tidak hanya bakat akademis yang perlu dipupuk dan dihargai disekolah ; dalam modelnya ia membedakan 6 talenta yang dapat dikembnagkan disekolah.

      Model belajar taylor meliputi akademik , kreatif , merencanakan , komunikasi , prediksi , pengambilan keputusan .
      Bila dilihat dari performa kelompok saya , yang paling cocok yaitu adanya kreatif / produktif karena sebelum memulai performa kami harus menemukan ide yang cocok untuk performa kelompok selanjutnya merancang berbagai hal yang penting untuk kelengkapan performa kelompok agar sesuai dengan tema yang kami inginkan .

      Membuat prediksi , Meramalakan , Merencanakan , Mengorganisir merupakan cara yang paling efektif untuk performa kelompok karena sebelum memualai kami harus mempersiapkan alat - alat , merancang hal - hal yang berkaitan dengan tema kami .

      hasil kreatif yang kami buat tidak lepas dari kegiatan akademis karena kami juga mengelompokkan hal - hal yang berkaitan dengan akademis sehingga hasil yang diharapkan menjadi lebih baik.

      Hapus