Selasa, 15 Februari 2011

PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN

1. Perencanaan dalilakukan dalam proses pembelajaran

perancanaan merupakan suatu pengembangan atau penyusunan strategi sistematik dan tertata untuk melaksanakan proses pelajaran. perencanaan dibuat agar setiap pembelajar dapat mengetahui materi yang akan di pelajari untuk setiap pertemuan mata pelajaran. selain itu pembelajar pun dapat dengan mudah mengetahui pembelajaran tersebut dan untuk seorang pengajar dengan mudah dapat memberikan langsung materi tanpa harus menyuruh membaca lagi. Perencanaan pun harus dilakukan sebelum masuk kedalam kelas yaitu dengan menentukan seperti apa dan bagaimana mereka akan belajar. Dan diberbagai  sekolah atau pun tempat kuliah seorang guru/ dosen wajib menyusun perencanaan untuk pembelajaran seperti : materi yang akan disampaikan , kuis, latihan - latihan , tugas rumah , diskusi , dan lain sebagainya.
hal ini dilakukan agar dapat terjalinnya proses pembelajaran yang efektif.
selain itu dalam perencanaan pun harus disusun kerangka waktu dalam proses pembelajaran , apa yang perlu dilakukan baik seorang pengajar maupun pembelajar.

2. Perencanaan Dan Intruksi Pelajaran Teacher - Centered
* sasaran konvensional adalah pernyataan yang menyatakan perubahan dalam perilaku muritd untuk mencapai tujuan kinerja yang diharapkan.
* Menganalisis Tugas adalah pemecahan suatu tugas yang dipelajari oleh seorang murid , menentukan keahlian atau konsep yang diperlukan untuk memecahkan masalah dalm pembelajaran.
* Menyusun Taksonomi Instruksional adalah membantu pendekatan teacher - centered .


Domain kognitif mengandung 6 sasaran yaitu :
- pengetahuan
- pemahaman
- aplikasi
- analisis
- sistensis
- ealuasi

Domain afektif mengandung 5 sasaran yaitu :
- penerimaan
- respons
- menghargai
- pengorganisasian
- menghargai karekteristik

Domain Pikomotor mengandung 6 sasaran yaitu  :
- kemampuan perseptual
- geark refleks
- gerak fundamental dasar
- kemampuan fisiki
- gerakan terlatih
- perilaku nondiskusif

3. Intruksi langsung
pendekatan yang dilakukan oleh teacher - centered yang terstruktur dan terinci oleh arahan dan kontrol guru, ekspetasi guru yang tinggi atas kemajuan murid , memaksimalkan wadan diktu yang dihabiskan murid untuk tuk tugas akademik, dan usaha guberu untuk meminimalkan pengaruh negatif terhadap murid .
selain itu intruksi langsung pun dapat dilakukan dengan cara menyuruh pembelajar secara langsung dan tegas mengenai tugas dan materi pembelajaran hal ini dialkukan agar dapat sejalan dengan intruksi pengajar.
Dengan demikin dapat lah terjalinnya pembelajaran yang efektif . Bahkan dalam pembelajaran pun sudah dikenaklan dengan teknologi pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mempermudah pembelajar mengetahui informasi pembelajaran yang ada. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam proses pembelajaran. Dengan demikian untuk memperoleh pembelajaran saat ini sangatlah mudah dan murah.
untuk itu bagi yang lagi menuntut ilmu diharapkan dapat memanfaatkan teknologi pembelajaran dengan sebaik- baiknya.


daftar pustaka : john w. santrock

Tidak ada komentar:

Posting Komentar