psikologi pendidikan adalah cabang ilmu pendidikan yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan.
psikologi pendidikan sangat berperan dalam proses untuk belajar dan pengajaran karena di dalam psikologi pendidikan merupakan peran yang sangat penting dalam lingkungan pendidikan yang ada saat ini.
untuk saat ini psikologi pendidiikan tidak bisa dipisahkan lagi dalam proses pendidikan . psikologi terhadap pendidikan sangatlah besar dan sangatlah berguna bagi anak didik dan pendidik . Kegiatan pendidikan, khususnya pada pendidikan formal, seperti pengembangan kurikulum, Proses Belajar Mengajar, sistem evaluasi, dan layanan Bimbingan dan Konseling merupakan beberapa kegiatan utama dalam pendidikan yang di dalamnya membutuhkan psikologi.
Didalam psikologi pendidikan diperlukannya seorang pendidik dan yang didik agar dapat terjalinya proses
belajar mengajar. Seorang pendidik haruslah menjadi contoh yang baik untuk anak didiknya.
Di sinilah arti penting Psikologi Pendidikan, dengan memahami psikologi pendidikan, seorang guru melalui pertimbangan-pertimbangan psikologisnya diharapkan dapat merumuskan tujuan pembelajaran bagi yang didiknya,memilih strategi atau metode pembelajaran yang sesuai dengan yang didiknya, memilih alat bantu dan media pembelajaran yang tepat sesuai apa yang diajarkan, memberikan tugas - tugas yang dapat menambah pengetahuan yang didik. seorang pendidik harus mampu beradaptasi dengan peserta didiknya agar terjalinnya rasa kenyamanan. seorang peserta didik juga di anjurkan untuk mempelajari aturan - aturan yang ada dalam psikologi pndidikan.
Beberapa tokoh pendidikan yaitu :
william james, john dawey,E.L.Thorndike, dan tokoh - tokoh psikologi pendidikan yang lain.
Beberapa tokoh pendidikan yaitu :
william james, john dawey,E.L.Thorndike, dan tokoh - tokoh psikologi pendidikan yang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar